Jaga warisan Budaya Nusantara



Indonesia terkenal dengan budayanya yang melimpah, dari sabang sampe marauke, di setiap daerah pasti ada budaya khasnya tersendiri, Bali dengan budaya ngabennya, Madura dengan budaya karapan sapinya dan masih banyak yang lainnya. Saking banyaknya budaya negri ini, membuat Negara tetangga kita mengklaim banyak budaya kita. Tak hanya budaya, batik dan keris yang jelas-jelas berasal dari nusantara, di klaimnya juga. Wajar kalau budaya di negri kita ini banyak di ambil orang, kita sendiri yang merupakan putra-putri ibu pertiwi bahkan tidak pernah menghargai warisan nenek moyang berupa budaya.

Moderenisasi merupakan penyebab utamanya, anak muda Indonesia lebih senang memakan makanan luar negri dari pada makan tempe dan tahu, apalagi belajar menari janger dan jaipong. Kita semua harus sadar, budaya yang merupakan warisan nenek moyang itu, tidak bisa hidup dengan sendirinya, budaya butuh kita, anak-anak Indonesia untuk melestarikanya. Jika pelestarian budaya dapat di lakukan dengan baik, maka akan menyumbang sebagian besar devisa Negara yang di dapat melalui kunjungan wisatawan domestic maupun internasional, kalau sudah begini lapangan pekerjaan yang baru pun akan terbentuk dengan sendirinya, dan dapat memajukan perekonomian daerah tersebut. Hal tersebut membuat budaya negri kita ini, di kenal di seluruh dunia, dan membuat pihak-pihak yang tidak bertangung jawab akan malu jika ingin mengambil budaya negri ini.

Kalau kita mau tidak ada lagi penklaiman budaya Indonesia, ayo mulai dari sekarang menghargai dan melestarikan budaya negri Indonesia, agar anak dan cucu kita di masa mendatang, masih bisa memiliki dan mengetahui bahwa Negara kita ini adalah Negara paling berbudaya di dunia dan jadilah 100% INDONESIA.


salam KRIBO..

Load disqus comments

1 comments: